Senin, 28 Oktober 2013

Grounding untuk Mencegah Kebakaran



Grounding Yang Efektif Untuk Mencegah Kebakaran

(Ref. Nationwide bulletin)
Listrik statis telah menyebabkan tejadinya kebakaran yang serius pada banyak industri manufaktur. Percikan atau spark yang timbul akibat listrik statis dapat membakar uap mudah terbakar (flammable vapor). Pembentukan listrik statis adalah karena adanya aksi kontak dan pemisahan zat yang berbeda. Cairan menghasilkan statis ketika cairan mengalir melalui pipa atau selang; ketika cairan jatuh melalui udara dalam bentuk tetes atau semprotan, ketika cairan memercik di dalam tangki, dan ketika udara atau gas dialirkan melalui cairan sehingga
membentuk gelembung cairan.
Jika tidak ada jalan atau penyaluran dari listrik statis yang terbentuk, maka muatan listrik statis akan mengumpul dan membentuk tegangan listrik yang cukupuntuk menimbulkan spark atau percikan. Maka apabila bekerja dengan bahan flammable atau mudah terbakar, maka container atau kemasan harus dipasang grounding dan mengikat kemasan tersebut untuk menghindari terbentuknya listrik statis.
Gambar dibawah ini merupakan salah satu contoh sistem grounding yang efektif untuk menghindari terjadinya kebakaran dari bahan kimia mudah terbakar ketika dilakukan pemindahan tanpa/dengan menggunakan pompa dari satu kemasan ke kemasan yang lain.
Sumber: Nationwide bulletin
SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar